Saturday, 14 May 2016

KEMENTAN MEMBERIKAN DANA RP. 7,2 MILIAR UNTUK PEMBANGUNAN IRIGASI


Bertempat di aula Kodim 0601/Pandeglang. Sebanyak 170 kelompok tani (POKTAN) yang tersebar di 28 Kecamatan mendapatkan Program Pembangunan Irigasi Tersier dari Kementrian Pertanian melaui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian diwilayah Pandeglang.
Komandan Kodim 0601/Pandeglang Letkol Inf. Ganiahardi dalam sambutannya yang diwakili Danramil 0111/ Pagelaran Kapten Inf. Dede Rohaedi berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan hasil produksi pertanian sehingga swasembada pangan di wilayah Kabupaten Pandeglang bisa tercapai.
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Nasir mengatakan, dana untuk irigasi akan turun langsung dari pemerintah pusat melalui nomor rekening kelompok tani. Adapun untuk lahan yang akan dibangun irigasi luasnya sekitar 4.800 hektar. Kami telah melakukan bimbingan teknis bersama tim TP4D dan Kodim Pandeglang kepada seluruh ketua kelompok penerima dan pendamping serta petugas Penyuluh Lapangan (PPL) ungkap Nasir.
Ia menerangkan, pelaksanaan kegiatan itu juga dilakukan bukan oleh pihak ketiga namun langsung oleh anggota kelompok dengan system swakelola. Adapun anggaran keseluruhan sekitar Rp. 7.2 miliar dengan anggaran per kelompoknya bervariasi sesuai dengan luas lahan. “sistemnya swakelola yang didampingi oleh Babinsa dan PPL dalam pelaksanaannya. Kami berharap pembangunan bisa segera dilakukan karena anggarannya sendiri sudah masuk ke nomor rekening kelompok meski baru 70 persen,’ ujarnya.
Perwakilan kelompok tani Sikulan Hijau dari Kecamatan Jiput, Nurdin, mengapresiasi dengan adanya bantuan yang disalurkan ke poktan dari kementerian pertanian. Karena dengan begini para petani bisa merasakan langsung peran pemerintah dalam membanyu petani.
Kami sebagai kelompok tani sangat bersyukur dengan adanya program  bantuan irigasi ini karena dengan begini kebutuhan air bisa terpenuhi dan menggarap lahan juga petani tidak kesulitan.(samodok3194)

No comments: